Sep 24

Tentang Bata Ringan

BATA RINGAN

Jika akan membangun rumah, tentu saja kita perlu mengetahui material apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum proses pembangunan. Agar kita bisa mengetahui resiko dan kekuatan dari struktur rumah yang akan dibangun.  Salah satu material yang menjadi bagian terpenting dari pembangunan rumah adalah bata. Kebanyakan masyarakat biasanya menggunakan bata merah sebagai salah satu bahan untuk membangun dinding rumah. Namun, kini tidak sedikit juga masyarakat yang sudah beralih pada penggunaan bata ringan yang mulai menjadi tren belakangan ini. Mungkin masih ada yang bertanya tanya tentang bata ringan dan apa juga kelebihannya. Disini akan saya jelaskan sedikit tentang bata ringan.

DEFINISI
Bata ringan adalah batu bata yang memiliki jenis lebih ringan dibanding batu bata pada umumnya. Terbuat dari campuran pasir kuarsa, semen, kapur, sedikit gypsum dan alumunium pasta. Secara umum bata ini berukuran Panjang= 60cm, Lebar= 20cm, Tinggi= 10cm dan memiliki ketebalan umum 7,5 s/d 10 cm. Jenis bata ini hanya diproduksi secara modern di pabrik. Berbeda dengan bata merah yang bisa diproduksi manual oleh industri kecil rumahan. Saat ini bata ringan banyak diminati oleh para kontraktor dan juga sudah banyak digunakan untuk perumahan maupun di perkampungan biasa. Bata ringan memiliki 2 jenis yaitu AAC (Autoclaved Aerated Concrete) dan CLC (Cellular Lightweight Concrete) Keduanya memiliki kesamaan saat proses pembuatannya yaitu menambahkan gelembung udara kedalam mortar sehingga akan mengurangi berat beton yang dihasilkan secara drastis. Perbedaan bata ringan AAC dan CLC ada pada proses pengeringan. Jika AAC dikeringkan dalam oven autoklaf bertekanan tinggi, sedangkan CLC dikeringkan secara alami yaitu dibawah terik matahari. Dalam dunia konstruksi bata ringan AAC lebih banyak digunakan karena mempunyai tekanan yang stabil, warna yang bersih, bentuk yang lebih presisi dan juga ketersediaan stok yang banyak karena tidak tergantung pada cuaca.

Kelebihan Bata Ringan

  1. Kedap air. Bata ringan memiliki sifat kedap air, sehingga dapat meminimalisir terjadinya rembesan saat cuaca sedang hujan.
  2. Ringan. Sesuai dengan namanya bata ini memiliki bobot yang ringan sehingga dapat memperkecil beban struktur juga mempermudah dalam proses pengangkatan.
  3. Praktis. Bata ringan menggunakan perekat instan yang dapat menghemat biaya dan waktu. Biasanya menggunakan semen khusus yang disebut dengan semen mortar. Dalam penggunaannya hanya perlu menambahkan air saja sehingga tidak perlu mencampur semen dan pasir lagi.
  4. Hemat. Karena bentuk dan ukuran bata ini seragam, maka kontraktor dapat memperkirakan berapa banyak bata yang dibutuhkan per meternya sehingga dapat meminimalisir potongan bata yang tidak terpakai. Juga dapat menghemat biaya pembangunan karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk pemasangan.
  5. Kuat. Bata ini memiliki sifat yang kuat dan tahan lama sehingga tidak mudah keropos karena terbuat dari bahan baku semen.

Kekurangan Bata Ringan

  1. Memerlukan tenaga yang ahli

Dalam pemasangan bata ringan, hanya bisa dilakukan oleh tenaga yang sudah ahli dan berpengalaman karena bata ringan memiliki permukaan yang halus sehingga dibutuhkan trik khusus agar perekat bisa menempel dengan baik.

  1. Hanya dijual di toko/ distributor besar

Bata ringan biasanya hanya dijual di toko bangunan besar ataupun distributor material bangunan yang berskala besar saja karena rata rata pembelian bata ringan harus melakukan pengiriman dari luar daerah.

  1. Memerlukan perekat khusus

Untuk memasang bata ringan, harus menggunakan perekat khusus yaitu semen instan yang harganya sedikit lebih mahal dari harga biasanya.

KESIMPULAN

Bata ringan saat ini sedang tren di kalangan para kontraktor bangunan karena memiliki banyak kelebihan yang signifikan dibandingkan dengan bata merah. Mulai dari dapat menghemat biaya pembangunan, lebih mudah diaplikasikan dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk pemasangan. Bata ringan yang banyak digunakan di dunia kontraktor saat ini adalah tipe AAC karena selain bobotnya lebih ringan, bata jenis ini juga memiliki tekanan yang stabil dan juga warna yang bersih. Untuk konsumen yang akan menggunakan bata ringan jenis ini, tidak perlu khawatir kehabisan stok karena bata ringan AAC ini memiliki ketersediaan stok yang sangat banyak. Karena tergolong baru, bata ringan memang tidak mudah didapatkan di toko bangunan biasa karena hanya dijual di toko bangunan / distributor material yang berskala besar.

Tetapi anda tidak perlu khawatir karena  disini kami menyediakan berbagai merk bata ringan seperti : Citicon, GrandElephant, Falcon, Focon, Gracon, Jayabrix, Icc. Untuk pemesanan bisa menghubungi No telp : (031) 51161405 / Hp : 081231313222-085100398222. Atau bisa juga datang langsung ke Kantor kami di Jl. Raya Klakahrejo, ruko TCBD-TR 1/11 Surabaya 61098.

Permanent link to this article: https://jualbataringan3mitra.com/tentang-bata-ringan/bata-ringan/

Leave a Reply

Your email address will not be published.